Selasa, 20 November 2012

RPP QURDIS BERKARAKTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) Nama Madrasah : MA Sholatiyah Mata Pelajaran : Qur'an Hadits Kelas/Semester : X / Ganjil Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran A. Standar Kompetensi: 1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya B. Kompetensi Dasar 1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli C. Indikator Keberhasilan Belajar :  Menguraikan pengertian al-Qur’an menurut bahasa  Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut beberapa pendapat para ahli.  Menyimpulkan pengertian al-Qur'an dari beberapa pendapat para ahli. D. Materi Pembelajaran :  Pengertian al-Qur'an menurut bahasa  Pengertian menurut pendapat para ahli: – Muhammad Abduh – Muhammad Khudhari Beik – Muhammad Ali al-Shabuny – Shubhi Ash-Shalih. E. Metode Pembelajaran  Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi F. Langkah Pembelajaran : o Pendahuluaan  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an o Kegiatan Inti  Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.  Masing-masing kelompok membaca literatur untuk menggali pendapat para ahli tentang pengertian al-Qur'an  Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang masalah berikut: – Pengertian al-Qur’an menurut bahasa – Pengertian al-Qur’an menurut istilah berdasarkan pendapat para ahli . – Persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an menurut pendapat para ahli. – Membuat rumusan dengan bahasa sendiri pengertian al-Qur’an menurut istilah.  Masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.  Guru memberikan penilaian/pengukuhan pada masing-masing kelompok  Tanya jawab tentang maksud yang terkandung dalam pengertian al-Qur’an  Menyimpulkan pengertian al-Qur’an o Penutup  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.  Refleksi/Aplikasi Quantum.  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat G. Sumber Belajar :  Buku pelajaran siswa.  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an H. Penilaian : o Penilaian Proses o Penilaian Hasil  Jenis Tagihan: – Tes Tulis – Tugas  Bentuk instrumen – Tes Subyektif – Tugas Individual Kepandean Petir, Juli 2010 Guru Mata Pelajaran; HASAN BASRI, S. Pd.I Mengetahui, Kepala Madrasah; H. AHMAD MS, S. Pd